Halloween Costume ideas 2015

Diguyur Hujan Deras, Kelurahan Morgo Terendam Air, Warga Minta Pemda Nabire Buatkan Drainase

SUARA.NABIRE l Hujan deras yang mengguyur Kota Nabire dan sekitarnya pada Rabu (03/02/2021) malam, menyebabkan beberapa rumah warga di RT.01/RW.01 Kelurahan Morgo Kota Lama, Kabupaten Nabire, terendam air setinggi kurang lebih diatas 50 Cm.

Berdasarkan pantauan awak media ini, air meluap dan merendam rumah warga di kelurahan tertua di kota Nabire ini akibat tidak terdapat saluran drainase.

Salah satu warga yang rumahnya ikut terendam air, Ridwan Uswan (45 Tahun) kepada media ini mengatakan bahwa genangan air tersebut bukan terjadi hanya kali ini namun ketika terjadi hujan deras. Hampir setiap hujan deras pasti dilanda genangan air.

"Genangan air bukan hanya kali ini saja. Setiap kali hujan deras tidak luput dari musibah banjir seperti ini,” ungkap Ridwan ketika ditemui awak media ini pada Rabu malam di rumahnya.

Hal yang sama dikatakan, Bapak Tabuni (57 Tahun), dimana dirinya mengaku bahwa genangan air yang kerap kali terjadi tersebut sudah berulang-ulang disampaikan kepada pemerintah melalui pihak Kelurahan namun belum pernah direspon.

“Mereka tunggu saat Pilbup baru datang minta suara. Kalau terendam air seperti ini mereka diam dan tidak kelihatan,” ujarnya.

Tabuni juga mengatakan hal yang sama, bahwa genangan air di wilayahnya bukan hanya kali ini terjadi. Namun sudah berulang kali terjadi ketika hujan deras mengguyur kampung Morgo.

Menurut Tabuni, musibah itu hanya dilihat sebelah mata oleh Pemerintah Daerah Nabire. Warga sangat membutuhkan perhatian sehingga genangan air bisa diatasi. Seperti membuatkan drainase.

“Sebagai warga kelurahan Morgo, kami minta Pemerintah Daerah Nabire tolong buka mata dan menjadi perhatian serius mengenai air yang selalu terjadi di setiap musim hujan ini, minimal buat torang drainase ka,” demikian harap Bapak Tabuni ketika dikonfirmasi awak media ini melalui via seluler

Pantauan media ini, pada beberapa rumah yang terendam air tampak dipenuhi sampah, baik di dalam rumah maupun di halaman rumah. Dan terlihat hampir semua warga RT.01/RW.01 Kelurahan Morgo berhamburan ke jalan karena merasa cemas melihat rumah mereka tergenang air.

Dengan keadaan tersebut, warga RT.01/RW.01 Kelurahan Morgo melalui Ketua RT, Kores Mubalen (44 tahun), meminta agar kelak Bupati Baru di Kabupaten Nabire bisa membuatkan drainase agar ketika hujan deras mengguyur kota Nabire rumah mereka tidak kebanjiran.

"Saya ketua RT mewakili seluruh warga RT.01/RW.01 di Kelurahan Morgo ini, mengharapkan Bupati yang baru akan memimpin Nabire agar ke depannya bisa membangun drainase disini, karena setiap hujan deras kami kebanjiran"

Dikatakannya pula bahwa jika terjadi hujan deras, air dari jalan pantai Maf dan jalan Trikora Kota Lama semua mengalir ke RT.01/RW.01 kelurahan Morgo karena tidak adanya drainase atau saluran pembuangan air yang bagus.

"Sudah seminggu dengan malam ini kami terendam banjir. Karena itu kami sangat mengharapkan bantuan Pemda Nabire segera atasi masalah ini, sebab sejak Bupati Isaias Douw menjabat sampai sekarang tidak ada pembangunan saluran pembuangan air," demikian tutup Kores Mubalen, selaku Ketua RT.01/RW.01 di Kelurahan Morgo Kota Lama, Nabire. (Red)

GALERI FOTO:
Rumah Warga RT.01/RW.01 Kelurahan Morgo tergenang air (Foto.Tonci Numberi)


Label:
Reaksi:

Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget