Halloween Costume ideas 2015

Mengenal Daya Tarik Obyek Wisata Distrik Wasior

SUARA.NABIRE - Wasior adalah sebuah distrik di kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, Indonesia. Daerah ini memiliki beberapa Obyek Daya Tarik Wisata (ODTWA) yang kerapkali menjadi tujuan kunjungan wisata, diantaranya adalah sebagai berikut.

Gereja Tua
Keberadaan gereja tua di Kampung Yende (Distrik Roon) yang merupakan lokasi terdapatnya Alkitab tua agama Nasrani terbitan tahun 1898 yang masih tersimpan baik dan ditulis dalam bahasa Indonesia. Selain itu, di lokasi yang sama juga terdapat makam misionaris Bink yang merupakan misionaris yang menyebarkan agama Kristen di wilayah ini. 

Gereja tua di Kampung Yende

Selat Numamuram
Perairan sebelah utara selat Numamuram memiliki keragaman dan keindahan terumbu karang. Wilayah ini menjadi salah satu lokasi sasaran diving untuk wisatawan. Kegiatan wisata yang bisa dilakukan adalah diving, snorkeling dan pengamatan panorama alam dan laut.

Air terjun Aisandami
Keindahan air terjun Aisandami dapat kita nikmati dari atas Kampung Aisandami. Dengan menempuh perjalanan menaiki bukit diatas kampung kurang lebih 15 menit, kita disuguhi keindahan dan kesejukan air terjun. Air terjun ini sering dimanfaatkan sebagai pemenuhan kebutuhan air warga dan direncanakan akan digunakan untuk sumber tenaga mikrohidro. 

Air terjun Aisandami

Selain memiliki air terjun, kampung Aisandami di Wasior juga memiliki hamparan mangrove yang masih sangat alami dan berpotensi untuk dikembangkan menjadi wisata mangrove.

Jalur tracking mangrove di Aisandami

Kampung Sobei
Perairan Utara Kampung Sobei memiliki keindahan terumbu karang yang potensial untuk dikembangkan wisata diving maupun snorkeling.Tempat ini cocok dijadikan tempat tujuan wisata mengingat aksesnya yang tidak terlalu sulit, karena jaraknya dari kota Wasior tidak terlalu jauh.



Terumbu karang di tanjung mangguar

Air Terjun Sobei
Kampung Yende yang terletak di distrik Roon juga memiliki keindahan alam berupa air terjun Sobei serta terdapat perairan yang bagus untuk menyelam dan snorkeling. 

Ukuran air terjun ini tidak terlalu tinggi dan termasuk air terjun yang berukuran kecil dan airnya yang sangat jernih dan segar. Hal yang menarik dari air terjun Sobei ini adalah lokasinya yang berada persis di tepi pantai dengan hamparan pasir putih dan susunan bebatuan karang yang indah serta latar belakang perbukitan padang rumput yang luas dan hijau

Pulau Rouw
Pulau ini terletak di dalam gugusan Kepulauan Auri. Potensi ekowisata yang menarik di pulau ini adalah diving dan snorkeling sambil melihat kerangka 2 (dua) pesawat tempur Jepang sisa peninggalan Perang Dunia II yang jatuh disekitar kedalaman 2 meter. Pulau ini juga sangat cocok untuk kegiatan pengamatan burung (bird watching) dan menikmati keanekaragaman flora fauna hutan daratan pulau.(Red)

Sumber Rujukan:
Ben Gurion Saroy & Saiful Anwar. (2018). Meretas Ekowisata Berbasis Konservasi Tradisional Di Taman Nasional Teluk Cenderawasih. Manokwari: Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih
Label:
Reaksi:

Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget