Halloween Costume ideas 2015

11 Tempat Wisata Terindah Di Kota Nabire, Papua



SUARA NABIRE - Nabire adalah sebuah kabupaten di ujung timur Propinsi Papua, dan terletak tepat di Teluk Cenderawasih. Bukan isapan jempol semata bahwa alam Nabire menyimpan sejuta pesona yang unik dan bernilai eksotis. 

Pada hampir setiap sudut kota Nabire terhampar keindahan alam yang sangat memukau. Hal inilah yang membuat kabupaten yang ibu kotanya Nabire ini selalu memiliki potensi wisata yang menjanjikan, yang meskipun tidak semua di kelola secara profesional.

Berikut ini 11 tempat wisata yang unik dan eksotis di kabupaten Nabire 

1. Pantai Gedo
Pantai ini termasuk objek wisata tertua dan lokasinya tidak jauh dari jantung kota Nabire. Terletak di Desa Sanoba, Wahario yang jaraknya sekitar 10 km di sebelah Timur Kota Nabire. 

Pantai Gedo mempunyai keunikan tersendiri bagi wisawatan yang berkunjung, sebab tempat ini memadukan kawasan perairan dengan warna air lautnya yang biru serta kawasan pantai dengan hamparan pasirnya yang berwarna putih bersih.


sumber gambar: https://placesmap.ne

2. Pantai Sowa
Pantai Sowa termasuk salah satu pantai di Indonesia yang banyak menyimpan keunikan. Salah satu keunikan pantai ini adalah adanya ikan hiu paus yang jinak dan bisa di panggil langsung oleh masyarakat setempat. Para wisatawan yang ingin melihat langsung ikan hiu paus tersebut harus menggunakan perahu jonson ke bagian tengah laut. 

Keunikan lainnya bahwa pantai Sowa juga memiliki kadar air laut yang sangat jernih dan bersih. Sementara luas bibir pantai Sowa hampir mencapai sepuluh kilo meter.

Pantai ini berjarak 120 km dari jantung kota Nabire. Di kawasan pantai ini juga para pengunjung bisa melihat rumah terapung yang letaknya di tengah laut, seperti tampak pada gambar di bawah ini



3. Kwatisore
Memang tak dapat dipungkiri Kwatisore adalah tempat wisata yang unik dan menarik. Mengapa? Sebab di sini Anda akan berenang di laut lepas bersama ikan hiu paus dan whale shark atau hiu totol. 

Di Kwatisore tendapat banyak sensasi yang tidak akan di jumpai di objek wisata lain, yaitu melihat ikan-ikan hiu yang bobotnya hingga 6 ton ketika mereka menggesek-gesekkan tubuhnya pada badan perahu nelayan, bahkan menemani pengunjung berenang mengarungi lautan.

Pengunjung juga bisa melihat langsung kelompok besar ikan hiu di perairan Kwatisore karena kawasan ini merupakan bagian dari Taman Nasional Teluk Cenderawasih. Binatang-binatang laut tersebut terkesan begitu akrab dengan nelayan dan wisatawan, karena kehidupan mereka selama ini memang dilindungi sehingga kehadiran manusia di dekat mereka, tidak membuat ikan-ikan tersebut merasa takut.

Perlu diketahui pula bahwa pantai Kwatisore sudah dikelola cukup profesional, hal ini terlihat dari banyaknya sarana pendukung seperti kamar mandi dan toilet, warung dan kios-kios, area parkir, taman bermain untuk anak-anak, pemandian dan berbagai wahana penunjang lainnya.


sumber gambar: http://dagelanfamily.com

4. Pantai Pulau Ahe
Selain aman, nyaman, tenang dan masih natural, kawasan Pantai Pulau Ahe juga menghadirkan pesona alam yang unik, baik di daratan yang luasnya sekitar 400 meter2 maupun di kawasan pantai. 

Alam bawah laut pantai ini berhiaskan berbagai jenis terumbu karang dan biota laut. Penduduk setempat yang memiliki kesadaran akan wisata, senantiasa menyambut ramah para pengunjung dengan mempertontonkan berbagai atraksi seni budaya tradisional. Di sini juga dapat dijumpai bangkai pesawat terbang milik Sekutu yang merupakan sisa-sisa Perang Dunia II.


sumber gambar: https://www.dihaimoma.com

5. Pantai Nomalisa
Hamparan pasir putih yang dikelilingi pepohonan rimbun di sekeliling pantai Nomalisa ini menghadirkan daya tarik tersendiri bagi setiap pengunjungnya. Terlebih lagi berbagai fasilitas pendukung telah disiapkan bagi para wisatawan di sini. 

Pantai Nomalisa terletak di Desa Samabusa, Distrik Siriwini, jarak Pantai Nomalisa hanya sekitar 8 km dari Pusat Kota Nabire. Akses yang harus dilewati relatif mudah karena tersedia cukup banyak angkutan umum dari berbagai jenis. Tidak heran jika pantai ini menjadi objek wisata favorit masyarakat Nabire. 


sumber gambar: https://www.dihaimoma.com

6. Pantai Burate
Pantai Burate merupakan alam yang indah dengan suasana yang sepi dan tenang. Pantai ini jauh dari perkampungan penduduk dengan akses jalan yang hanya bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi, sehingga membuat pantai ini tidak banyak dikunjungi wisatwan.

Keindahan alam di pantai ini tidak perlu diragukan. Sebagaimana pantai di Papua pada umumnya, Pantai Burate berhias pasir putih yang bersih berkilau. Perairan di kawasan pantai tampak jernih dengan ombak yang tenang. Sehingga selain berjemur sambil menikmati keindahan alam, pengunjung juga dapat mandi dan berenang serta melakukan aktifitas diving dan snorkeling.


sumber gambar: https://www.rekreasialam.co.id/

7. Pantai MAF
Pantai MAF terletak di pusat kota Nabire dan bersebelahan dengan Bandar Udara Nabire. Satu hal yang paling unik dari pantai MAF adalah detik-detik dimana matahari mau tenggelam. Sunset yang dilihat dari Pantai MAF menghadirkan keindahan yang luar biasa. Bisa dilihat pada gambar di bawah ini.


sumber gambar: https://papuansphoto.wordpress.com

Disebut Pantai MAF karena lokasi pantai ini berada tidak jauh dari Bandara MAF (Mission Aviation Fellowship). Sehingga tempat wisata yang pertama kali dijumpai para wisatawan dari luar pulau adalah pantai ini. Karena itulah Pantai MAF selalu ramai oleh pengunjung, baik para wisatawan yang baru keluar dari bandara maupun masyarakat setempat.

Pada umumnya masyarakat setempat berkunjung ke pantai ini pada sore hari. Sembari jalan-jalan, mereka menunggu momen matahari tenggelam. Karena sunset yang dilihat dari Pantai MAF menghadirkan keindahan yang luar biasa.

8. Pantai Nusi
Pantai Nusi  terletak di Distrik Makimi, ujung Timur kota Nabire. Jaraknya dari pusat Kota Nabire sekitar 30 km. Berbeda dengan pantai lainnya yang ada di Papua, Pantai Nusi berhiaskan pasir hitam. Meski demikian, tidak mengurangi keindahan dan daya tariknya.

Selain keindahan alam yang menyelimuti, Pantai Nusi juga memiliki alam bawah laut yang memukau. Beragam jenis terumbu karang, rumput laut, ikan dan biota laut lainnya, bakal memanjakan mata para wisatawan yang melakukan aktifitas diving dan snorkeling.


sumber gambar: https://www.triptrus.com

9. Air Terjun Bihewa
Jika wisata air terjun pada umumnya berada di tempat yang terpencil, berbeda dengan Air Terjun Bihewa. Pengunjung tidak perlu bersusah payah melakukan trekking yang menguras tenaga, karena lokasi air terjunnya hanya berjarak sekitar 50 meter dari tempat parkir kendaraan.

Keistimewaan dari air terjun ini adalah adanya sap atau tingkat yang jumlahnya sebanyak 7 tingkat. Disetiap tingkat, pengunjung bisa menjumpai area untuk mandi, berenang, dan bermain, serta spot-spot menawan untuk dijadikan latar belakang foto.


sumber gambaar: http://amaliarosyidah01.blogspot.com

10. Pantai Merry
Bukan menjadi hal baru lagi di kalangan penduduk kota Nabire bahwa Pantai Merry adalah destinasi yang tepat untuk bersantai bersama keluarga di Nabire. Pantai ini berlokasi di Distrik Teluk Kimi, yang membutuhkan waktu sekitar 45 menit dari Kota Nabire. Biaya masuk pantai ini dihitung dari jenis kendaraan yang digunakan, untuk motor seharga 10.000, mobil 50.000, dan bus 100.000.

Di pantai Merry Anda akan melihat jembatan kayu dan pondok kecil di atas pantainya, yang sangat cocok untuk mengabadikan momen dengan berfoto. Bagi wisatawan yang bingung bila ingin berganti pakaian atau buang air kecil, tersedia juga beberapa toilet disini.

Gambar mungkin berisi: langit, pohon, luar ruangan, air dan alam
Sumber gambar: https://web.facebook.com/pantaimerry/photo

11. Taman Nasional Teluk Cendrawasih
sumber gambar: https://www.idntimes.com

Selain terdiri dari beragam satwa yang menghuni kawasan Taman Nasional ini, daya tarik Teluk Cendrawasih lainnya adalah adanya hadirnya sejumlah hewan langka dan dilindungi, yang semakin menjadikan Taman Nasional ini sebagai habitat hidup mereka.

Tempat ini adalah tempat menyelam terbaik, sekaligus Taman Nasional terbesar di Indonesia. Dengan luas areanya mencapai sekitar 1.453.500 hektar, dan terdiri dari hutan tropika, hutan mangrove, dan terumbu karang.

Taman Nasional Teluk Cendrawasih di huni oleh 150 spesies dari 15 family dan 290 jenis ikan. Beberapa dari hewan langka tersebut diantaranya adalah Hiu Paus (Whaleshark) yang merupakan hewan terbesar di dunia, Penyu Riddle Pasific, Penyu Hijau, Penyu Sisik, Penyu Belimbing, dan beberapa jenis hewan langka yang lain (Red)
Label:
Reaksi:

Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget